Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Sekolah Menengah Atas Dengan Metode SAW

Hadi Sucipto

Abstract


Abstrak
SMA Tren Sains Tebuireng Jombang merupakan salah satu sekolah di Kota Jombang yang tiap tahunnya rutin melaksanakan pemilihan jurusan bagi siswanya. Penjurusan ini dimaksudkan agar nanti siswa dapat menyelesaikan sekolah sesuai dengan minat dan kemampuannya sebelum melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Proses pemilihan jurusan saat ini memiliki kelemahan diantaranya membutuhkan waktu cukup lama dan juga hasil yang didapat kurang akurat karena bisa saja terjadi banyak kekeliruan karena belum tersedianya aplikasi khusus untuk mendukung perhitungan tersebut. Selain itu unsur subjektifitas pun cukup tinggi karena kriteria yang digunakan masih sedikit dan kurang relevan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibuatkan sistem penunjang keputusan untuk membantu Guru Bimbingan Konseling(BK) dalam menentukan pemilihan jurusan. Dalam penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Adapun kriteria yang digunakan adalah Nilai Rata-rata IPA, Nilai Rata-rata IPS, nilai tes bakat IPA dan nilai test bakat IPS. Hasil akhir dari penelitian ini didapatkan bahwa sistem pendukung keputusan dengan metode SAW mampu mengatasi permasalahan dalam proses pemilihan jurusan di SMA Tren Sains Tebuireng Jombang.
Kata kunci: sistem pendukung keputusan, pemilihan jurusan, kriteria, SAW


Keywords


sistem pendukung keputusan; pemilihan jurusan; kriteria; SAW;

Full Text:

PDF

References


]. Wiwit Supiyanti.2014. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa dengan Metode SAW. Citec Journal, Vo.1, No.1, Nov 2013 – Jan 2014 ISSN: 2354-5771

]. Rohayani, H., 2013, Analisis Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Program Studi Menggunakan Metode Logika Fuzzy, Jurnal Sistem Informasi (JSI), No. 1, Vol. 5, Hal. 530-539.

]. Putra, D., 2014, Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Bea Siswa PT.Telkom Menggunakan Metode Simple Additive Weighting, Informasi dan Teknologi

Ilmiah (INTI), No. 2, Vol. III, Hal. 1-7.

]. Baskerville, R. L. (1999). Investigating information systems with action research. Communications of the AIS, 2(3es), 4.

]. Tim Media Edukasi, 2012, Desain PTK Model Kurt Lewin, http:/www.medukasi.web.id/2012/05/desain –ptk-model-kurt.html, diakses tanggal 01 Desember 2013.

]. Hasibuan, M.S.P., 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta

]. Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., Wardoyo, R., 2006, Fuzzy Multi Atribute Decision Making Fuzzy MADM, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v6i2.113

Article Metrics

Abstract view : 1644 times
PDF - 3877 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:

          



Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats>