Pembangkitan Kunci pada Algoritma Asimetris ElGamal untuk Meningkatkan Keamanan Data bertipe .docx

Aisyatul Karima, Ari Saputro

Abstract


Abstrak

Pencurian data melalui plagiasi dan modifikasi dokumen .docx sering terjadi dalam kehidupan digital. Hal ini dikarenakan dokumen tersebut mudah dimodifikasi oleh siapapun. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah keamanan berupa penyandian data untuk mengamankan dokumen .docx yang bersifat rahasia dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Teknik algoritma pengkodean yang digunakan yaitu algoritma ElGamal yang bersifat asimetris. Adapun tahapan metode penelitian terbagi dalam proses pembangkitan kunci, enkripsi dan dekripsi. Metode ini menggunakan pembangkitan kunci untuk menghasilkan kombinasi kunci yang variatif. Kunci yang dihasilkan berupa kunci privat, kunci public, bilangan prima serta bilangan acak. Berdasarkan hasil percobaan, proses pembangkitan kunci pada algoritma ElGamal mampu mengacak isi pesan berekstensi .docx secara aman. Hal ini terbukti dengan percobaan menggunakan beberapa kombinasi bilangan prima dan kunci private terhadap data yang sudah dienkripsi, kunci belum mampu terpecahkan. Pengujian penyerangan dilakukan dalam waktu lebih dari 15 jam, namun algoritma ElGamal belum mampu terpecahkan. Selain itu, sebagai dampak dari pengujian terhadap file, menghasilkan perbedaan ukuran file asli dengan file yang telah dienkripsi ratarata 7 kali lipat. Perubahan ukuran tersebut tidak berpengaruh, sebab file akan kembali ke ukuran semula setelah proses dekripsi. Dari segi keamanan, penggunaan algoritma ElGamal ini dinyatakan cukup kuat sebagai alternatif untuk membantu meningkatkan keamanan data .docx.

Kata kunci— Pembangkitan kunci,Kunci Asimetris, Algoritma ElGamal, Keamanan data, .docx 


Keywords


Pembangkitan kunci; Kunci Asimetris; Algoritma ElGamal; Keamanan data; .docx;

Full Text:

PDF

References


]. Rashmi Singh and Shiv Kumar. 2012. ElGamal Algorithm in Cryptography. vol. 3.

]. Munir Rinaldi, 2006. Kriptografi. Bandung: Informatika Bandung.

]. Danang Tri Massandy, 2009. Algoritma ElGamal Dalam Pengamanan Pesan Rahasia. Bandung.

]. Satya Fajar Pratama. 2009. Algoritma ElGamal untuk Keamanan Aplikasi Email. Bandung.

]. Anandia Zaelvina. 2012. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Kriptografi Kunci Publik ElGamal Untuk Mahasiswa. Universitas Sumatera Utara, Medan, Jurnal Dunia Teknologi Informasi. Vol. 1, No. 1, pp.56-62.

]. Hari kurniadi, 2015. Implementasi Algoritma Kriptografi ElGamal Untuk File Citra 2 Dimensi. Malang.

]. Devie R Suchendra and Charel Samuel M, 2013. Penerapan Sistem Kriptografi Menggunakan Algoritma ElGamal Pada Aplikasi Email Berbasis Web. Institut Teknologi Telkom, Bandung, Jurnal LPKIA, Vol.3 No.2, Desember 2013.

]. Lidya Andiny Nasution, 2013. Implementasi Kriptografi Algoritma ElGamal dengan Steganografi Teknik Least Significant Bit (LSB) Berdasarkan Penyisipan Menggunakan Fungsi Linier. Universitas Sumatera Utara, Medan.

]. Nur Alinuddin Kaharu, 2015. Implementasi Algoritma ElGamal Untuk Enkripsi Text Pada Aplikasi E-Mail Client. Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, vol. 3, no. 1, p.3, January 2015.

]. Anandia Zelvina, 2012. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Kriptografi Kunci Publik ElGamal Untuk Mahasiswa. Jurnal Dunia Teknologi Informasi. vol. 1, no. 1, p.59.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v6i2.120

Article Metrics

Abstract view : 547 times
PDF - 567 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:

          



Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats>