RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENELUSURAN PENGGUNA ALUMNI BERBASIS WEB PADA STMIK ATMA LUHUR PANGKALPINANG

Yuyi Andrika, Melati Suci Mayasari, Harrizki Arie Pradana

Abstract


Data pengguna alumni di suatu perguruan tinggi sangatlah dibutuhkan untuk kepentingan akreditasi program studi. Kebutuhan untuk data pengguna alumni perguruan tinggi itu sendiri meliputi kepuasan pengguna terhadap alumni dan banyak lagi kegiatan-kegiatan di perguruan tinggi yang berhubungan dengan pengguna alumni perguruan tinggi itu sendiri. Dalam mengelola data pengguna alumni itu sendiri banyak perguruan tinggi yang merasa kesulitan tidak terkecuali dengan STMIK Atma Luhur itu sendiri. Di STMIK Atma Luhur pengelolaan pengguna alumni masih dilakukan secara manual dengan membagikan kuesioner kepada alumni selanjutnya meneruskannya ke atasan mereka untuk diisi. Hasilnya nanti baru diarsip dan direkap oleh Bagian Kemahasiswaan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode terstruktur dengan menggunakan model Waterfall.  Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah sistem informasi untuk menyimpan data-data pengguna alumni agar dapat tersimpan secara efektif dan efesien serta apabila dibutuhkan dapat dicari dengan cepat dan mudah.. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini dalam melakukan pendataan pengguna alumni, menghasilkan sistem informasi yang efektif dan efesien dalam mengumpulkan data tentang pengguna alumni. Dalam melakukan pendataan alumni tidak perlu mendatangi satu persatu alumni di tempat mereka bekerja tetapi cukup menginformasikan kepada mereka melalui email untuk mengisi kuesioner. Selanjutnya alumni akan menginformasikan kepada atasannya untuk mengisi kuesioner tersebut.

Kata Kunci : Pengguna Alumni, Sistem Informasi Web, Metode Terstruktur

Keywords


Pengguna Alumni; Sistem Informasi Web; Metode Terstruktur;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Sutabri, Tata. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Sutabri, Tata. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Indriasari, Sofiyanti. 2012. Sistem Informasi Berbasis WEB Untuk Membantu Kegiatan Tracer Study Program Diploma Institut Pertanian Bogor. Jurnal Sains Terapan Edisi II Vol-2 : 84-102 (2012).

Putra, Setya, Probowo, dkk 2014. Rancang Bangun Sistem Informasi Penelurusan Data Alumni Berbasis Web Pada Sekolah Tinggi Tehnik Dharma Iswara Madiun . STT Dharma Iswara Madiun. Program Studi Teknik Informatika.

Sukarno, Mohamad. 2006. Membangun Website Dinamis Interaktif dengan PHP-MySql. Jakarta:Eska Media Press.

Saputra, Agus. 2013. Menyelesaikan Website 12 Juta Secara Profesional.

Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Prihantara, Aditya, dkk. 2015. Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Kemahasiswaan di STKIP PGRI Pacitan. Vol. 5 No. 1, ISSN : 2087 – 7897. Pontianak.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v9i1.453

Article Metrics

Abstract view : 179 times
PDF (Indonesian) - 333 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

 

 

 

ISSN Printed : 2087-7897

ISSN Online : 2460-5344


SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:




Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Flag Counter

View My Stats>