Perbandingan Algoritma Astar dan Dijkistra Dalam Menentukan Rute Terdekat

Arif Cahyo Prasetyo, Maful Prayoga Arnandi, Harish Setyo Hudnanto, Bayu Setiaji

Abstract


Google Maps merupakan peta digital yang telah sering digunakan oleh masyarakat. Dengan adanya Kecerdasan Buatan dan Algoritma Pencarian rute terdekat pada Google Maps, kini semakin dimudahkan untuk mencari lokasi dari rute yang terdekat sehingga lebih efisien dalam hal waktu dan tenaga. Dalam implementasinya, algoritma pencarian sangat berguna dalam mencari rute terdekat. Diantaranya, Algoritma A* (A Star) dan Algoritma Dijkstra. Kedua Algoritma tersebut bekerja dengan Mekanisme yang berbeda. Perbedaan tersebut dibandingkan dengan menggunakan Pathfinding.js. Output yang dikeluarkan diambil berdasarkan lamanya waktu pemrosesan dari setiap algoritma dalam menentukan jarak terdekat. Semakin cepat waktu pemrosesan suatu Algoritma, maka akan semakin baik untuk diimplementasikan ke dalam suatu aplikasi. Setelah melakukan penelitian didapatkan hasil bahwa kinerja Algoritma A* lebih baik dari Algoritma Dijkstra dengan rata-rata waktu 0.37 ms dan jumlah langkah sebanyak 200, sedangkan algoritma Dijkstra mempunyai rata-rata waktu

0.41 ms dan jumlah langkah 497. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan mampu membandingkan kedua algoritma tersebut dengan parameter yang lain sehingga didapatkan rute terdekat dengan waktu tercepat.

Kata kunci— Google Maps, Algoritma A*, Algoritma Dijkstra


Keywords


Google Maps; Algoritma A*; Algoritma Dijkstra;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Saputra, A.J. Penerapan Algoritma A* pada Google Map. Teknik Informatika. Institut Teknologi Bandung. 2013.

Setiawan, K., Supriyadin, Santoso, I., Buana, R. Menghitung Rute Terpendek Menggunakan Algoritma A* Dengan Fungsi Euclidean Distance. Teknik Informatika. Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika. 2018.

Munir, R., Matematika Diskrit, 4, 413-414, Informatika, Bandung, 2010.

Dewi, L.J.E. Pencarian Rute Terpendek Tempat Wisata Di Bali Dengan Menggunakan Algoritma Dijkstra. Fakultas Teknik dan Kujuruan. Universitas Pendidikan Ganesha. 2010.

Wibowo, A.G., Wicaksono, A.P. Rancang Bangun Aplikasi untuk Menentukan Jalur Terpendek Rumah Sakit di Purbalingga dengan Metode Algoritma Dijkstra. Teknik Informatika. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 2012.

Yenie Syukriyah, Falahah, Hermi Solihin Penerapan Algoritma A* (Star) Untuk Mencari Rute Tercepat Dengan Hambatan. Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika 2016, BANDUNG 28 MEI 2016

Masri., Mukti, A.T. Pencarian Jalur Terpendek Pada Snake Game Menggunakan Algoritma A*. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Pontianak. SISFOTENIKA. 2014.

Lely Hiryanto, Jacklin Sinthia Thio Pengembangan Metode Graph Coloring Untuk University Course Timetabling Problem Pada Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara. Laboratorium Penelitian Distributed System, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Tarumanagara

Kevin Bima Aditya, Diyah P, Yudi Setiawan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Angka Kematian Ibu (Aki) Dan Angka Kematian Bayi (Akb) Dengan Metode K-Means Clustering (Studi Kasus: Provinsi Bengkulu)

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu

M. Akbar Maulana, Andi Kriswantoro, Yans Safarid Hudha, Muhammad Habib, Syarham, Ema Utami, Sistem Informasi Geografis Pemetaan Praktik Dokter Umum Dan Spesialis ―Smart Doctor” 105. CSRID Journal, Vol.9 No.2 Juni 2017

Novriyanto,M Zaid Penerapan Algoritma Backtracking Berbasis Blind Search untuk menentukan Penjadwalan Mengajar Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Iing Mutakhiroh, Fajar Saptono, Nur Hasanah, Romi Wiryadinata Pemanfaatan Metode Heuristik Dalam Pencarian Jalur Terpendek Dengan Algoritma Semut Dan Algoritma Genetika Laboratorium Pemrograman dan Informatika Teori, Universitas Islam Indonesia

Rudy Adipranata , Andreas Handojo , Happy Setiawan Aplikasi Pencari Rute Optimum Pada Peta Guna Meningkatkan Efisiensi Waktu Tempuh Pengguna Jalan Dengan Metode A* Dan Best First Search Jurnal Informatika VOL. 8, NO. 2, NOPEMBER 2007: 100 – 108

Wahyudin Djumantra Mari Memahami Konsep Matematika buku pelajaran matematika untuk kelas viii grafindo media pratama cetakan 1 2005 Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v9i1.456

Article Metrics

Abstract view : 3123 times
PDF (Indonesian) - 3185 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SISFOTENIKA

Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

 

 

 

ISSN Printed : 2087-7897

ISSN Online : 2460-5344


SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:




Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Flag Counter

View My Stats>