Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning+ Pada Perguruan Tinggi

Untung Raharja, Ninda Lutfiani, Indri Handayani, Fitria Marwati Suryaman

Abstract


Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang harus selalu berkembang sesuai dengan perubahan zaman yang ada. Perkembangan yang semakin pesat di dunia pendidikan dan teknologi sangat menjadi acuan untuk kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Sistem pembelajaran online adalah satu-satunya media pembelajaran yang dapat memudahkan bagi siapa saja yang ingin melanjutkan ke jenjang Diploma ataupun Sarjana tanpa harus bersusah payah datang ke tempat proses pembelajaran berlangsung. Banyaknya Universitas ataupun Perguruan Tinggi sudah menerapkan sistem belajar online bagi peserta didik yang terhalang oleh suatu pekerjaan atau sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam sistem belajar online. Pembelajaran online yang sudah diterapkan di Perguruan Tinggi Raharja disebut dengan idu.ilearning.co atau sering disebut iLearning+, namun pembelajaran online tersebut masih kurang maksimal dimana mahasiswa yang tidak memiliki motivasi belajar menjadi permasalahan yang harus dipecahkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mind mapping dan literature review. Dengan adanya penghargaan berupa nilai tambahan membuat motivasi dalam belajar menjadi meningkat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya penghargaan berupa nilai tambahan bagi mahasiswa yang aktif menjadi pemacu semangat belajar mahasiswa menjadi bertambah.


Keywords


Pembelajaran Online; iLearning; iDu iLP; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Nurdyansyah, N. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Aminoto, T. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1).

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126-138.

Rahardja, U., Lutfiani, N., Lestari, A. D., & Manurung, E. B. P. (2019). Inovasi Perguruan Tinggi Raharja Dalam Era Disruptif Menggunakan Metodologi iLearning. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(1), 23-34.

Kosasi, S. (2015, September). Perancangan E-Learning untuk meningkatkan motivasi belajar guru dan siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (pp. 1-7).

Rahardja, U., Yusup, M., & Nurmaliana, A. (2014). Penerapan iLEARNING SURVEY (iSur) dalam Meningkatkan Kualitas Sistem Informasi Selama Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi raharja. CCIT Journal, 7(3), 335-354.

Fitri, Emria, Ifdil Ifdil, and S. Neviyarni. "Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar." Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling 2, no. 2 (2016): 84-92.

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227-240.

Rahardja, U., Aini, Q., Ariessanti, H. D., & Khoirunisa, A. (2018). Pengaruh Gamifikasi pada iDu (iLearning Education) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Nusantara Journal of Computers and its Applications, 3(2).

Irawan, Y., Susanti, N., & Triyanto, W. A. (2015). Analisa dan Perancangan Sistem Pembelajaran Online (E-Learning) Pada SMK Mambaul Falah Kudus. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 6(2), 345-352.

Darusman, R. (2014). Penerapan metode mind mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 164-173.

Retnowati, T. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TENTANG SISTEM REGULASI DI KELAS XI IPA C SMA NEGERI 5 BOGOR. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 1-19.

Ariessanti, H. D., & Aini, Q. (2017). Penerapan iDu iLearning Plus berbasis Gamification Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Perguruan Tinggi. Technomedia Journal, 1(2), 37-49.

Rahardja, U., Tiara, K., & Wijaya, R. I. T. (2014). Penerapan Rinfo Sebagai Media Pendukung Untuk Proses Pembelajaran Pada Perguruan Tinggi Raharja. CCIT Journal, 8(1), 101-115.

Sembiring, M. A., Sibuea, M. F. L., & Sapta, A. (2018). Analisa Kinerja Algoritma C. 45 Dalam Memprediksi Hasil Belajar. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 1(1), 73-79.

Nuhan, M. Y. G. (2016). Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jarakan Kabupaten Bantul Yogyakarta. BASIC EDUCATION, 5(6), 494-501.

Surahmadi, B. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Berbasis Quipper School Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil belajar Peserta didik Kelas VIII SMP N 1 Temanggung. Unnes Science Education Journal, 5(1).

DARUS SALAM, A. N. D. I. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis web interaktif (blog) untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran pemasaran online sub kompetensi dasar merancang website (studi pada siswa kelas X tata niaga SMK Negeri 2 Nganjuk). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v9i2.497

Article Metrics

Abstract view : 46 times
PDF (Indonesian) - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:

          



Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.