Peranan Teknologi Informasi Dalam Mendukung Proses Belajar Siswa

Utin Kasma

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap banyak aspek kehidupan manusia baik itu dibidang politik, budaya, ekonomi, gaya hidup, dan dunia pendidikan. Dewasa ini para pelajar dituntut untuk dapat belajar secara mandiri dan kreatif. Penggunaan teknologi informasi sebagai suatu media dalam proses belajar mengajar merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendukung guru dan siswa dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas pembelajaran. Penggunaan teknologi ini memiliki dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif. Untuk itu, perlu pemahaman yang luas agar tidak terjadi penyalahgunaan sehingga penggunaannya tidak menimbulkan dampak yang negatif. Penggunaan teknologi informasi ini bertujuan membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga efisiensi dan efektifitas belajar dapat tercapai secara optimal. Kegiatan PKM ini dilakanakan dalam bentuk seminar. Metode yang digunakan adalah dengan mempresentasikan slide materi yang relevan dengan perkembangan teknologi informasi serta dampak perkembangan tersebut terhadap proses belajar siswa. Peserta kegiatan terdiri dari wakil kepala sekolah dan siswa kelas XII SMA Panca Bhakti Pontianak. Diakhir kegiatan, dilakukan sesi pertanyaan dua arah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan.

Keywords


Perkembangan; Teknologi Informasi

Full Text:

PDF

References


R. M. Andri, “Peran dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran,” Jurnal Ilmiah Research Sains, Vol.3, No.1, Februari, 2017.

A. Kadir, “Pengenalan Sistem Informas”, edisi Revisi, ANDI Offset, Yogyakarta, 2014.

N. S. Degeng, “Teori Pembelajaran,” UM Press, Malang, 2004.

Y. H. Miarso, “Menyemai Benih Teknologi Pendidikan,” Kencana, Jakarta, 2004.

C. Husain, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Di SMA Muhammadiyah Tarakan,” Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 2, No. 2, Juli, 2014.

B. Uno, H, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta, 2010.

S. Khodijah, Y. Nurizzati, “Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Sosial Siswa, Di MAN 2 Kuningan,” Jurnal Edueksos, Vol. 2, Desember, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.553

Article Metrics

Abstract view : 488 times
PDF - 256 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SINDIMAS Sudah terindex di :


Flag Counter

SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat

ISBN: 978-623-90975-0-9


STMIK Pontianak
Jl. Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat
Phone: +62 561 735555
Fax: +62 561 737777

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor Utama:

Partners & Co-Organizers: