Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Percetakan Cv. Mega Media Menggunakan Algoritma C4.5
Abstract
Di Indonesia media cetak dari waktu ke waktu berkembang dengan pesat. Hal tersebut diketahui dengan banyaknya jumlah percetakan jasa yang berdiri. percetakan jasa merupakan usaha yang memproduksi bermacam media cetak seperti spanduk, banner, pamflet dan lain sebagainya. Ada banyak usaha percetakan yang menawarkan berbagai promo, hadiah, maupun dengan harga yang murah. Jika pelanggan kurang puas dengan hal tersebut semua akan sia-sia. Tujuan dari penelitian ini yaitu membantu pemilik CV.Mega Media mengetahui tolak ukur kepuasan pelanggan untuk dapat bersaing dengan percetakan yang lain. Peneliti akan menganalisa mengenai kepuasan pelanggan percetakan dengan atribut nama, jenis kelamin, usia, jenis pesanan, harga, pelayanan, kualitas produk, loyalitas, dan kepuasan. Dengan memanfaatkan teknik data mining dari ketiga kali pengujian yang telah dilakukan pada dataset kepuasan pelanggan yang dibagikan kepada 100 pelanggan, dapat di prediksi menggunakan algoritma C4.5 (decision tree) dengan hasil akurasi sebesar 93.00% dengan bantuan tools Rapidminer 9.9. Dengan hasil tersebut dapat digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan pada percetakan CV. Mega Media.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
N. Indriyani, “Analisis Faktor Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Roti Pinkan Bakery & Cake dengan Algoritma C4 . 5,” vol. 1, no. 2, pp. 76–90, 2022.
I. Data et al., “Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Teknik Informatika – S1 Disusun Oleh :,” 2016.
P. Seminar, N. Riset, R. Andriani, and M. R. Lubis, “Indeks Evaluasi Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Menggunakan,” no. September, pp. 389–395, 2019.
N. A. Sinaga, A. T. Purba, K. Akuntansi, P. B. Indonesia, T. Komputer, and P. B. Indonesia, “Penerapan algoritma c.45 untuk memprediksi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap politeknik bisnis indonesia,” vol. 4, pp. 245–254, 2021.
E. D. Sikumbang, F. Ariani, T. Handayani, and K. Ramanda, “Penerapan Algoritma C . 45 Untuk Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan Kartu Telkomsel Prabayar,” vol. 6, no. September, pp. 811–820, 2022.
O. Menggunakan, C. Algoritma, N. Ndruru, and A. Sindar, “Penerapan Data Mining Klasifikasi Kepuasan Pelanggan Transportasi,” vol. 1, pp. 163–171, 2022.
M. Metode, C. Algoritma, S. C. Limong, and D. Susilawati, “Analisis Perancangan Sistem untuk Kepuasan Pelanggan pada UD . Shinta Elektronic dengan,” vol. 2, 2020.
M. Syahputra, A. P. Windarto, and R. Winanjaya, “Teknik Klasifikasi C4 . 5 Dalam Menentukan Faktor Utama Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Klaim di PT Asuransi Central Asia Pematangsiantar,” vol. 1, no. 1, pp. 32–39, 2021.
R. Tk and I. V Pematangsiantar, “Penerapan C4 . 5 Untuk Memprediksi Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit ( SIMRS ) Pada,” pp. 21–30.
B. Novianti, T. Rismawan, and S. Bahri, “IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA C4 . 5 UNTUK PENJURUSAN SISWA ( STUDI KASUS : SMA NEGERI 1 PONTIANAK ),” vol. 04, no. 3, 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v13i1.1357
Article Metrics
Abstract view : 727 timesPDF (Indonesian) - 526 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 SISFOTENIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.
Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :
| |
SERTIFIKAT PENGHARGAAN :
Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat
Partners & Co-Organizers:
Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.