Pengendalian Pola Konsumsi, Peningkatan Moralitas dan Kesadaran Penggunaan Gadget di Kalangan Siswa Sekolah Dasar

Nina Dewi Lashwaty, Hadis Turmudi, Mursid, Afnan Rosyidi

Abstract


Sebagai bentuk perhatian penulis terhadap perkembangan anak-anak, maka diadakan seminar dan pendampingan dalam wujud Pengabdian Kepada Masyarakat di SD Negeri 03 Singopuran Kartasura. Latar belakang dilaksanakannya pengabdian masyarakat ini untuk para siswa siswi kelas 6 SD dengan topik pengendalian pola konsumsi, peningkatan moralitas dan kesadaran penggunaan gadget adalah karena penulis sering menghadapi realita bahwa secara umum terjadi peningkatan jumlah uang jajan yang dimiliki siswa siswi SD tetapi mereka belum dapat mengalokasikannya dengan baik dan benar sehingga seringkali uang tersebut secara tidak sadar dibelikan produk yang kurang bermanfaat karena pengaruh informasi dari gadget, terjadinya kemerosotan moralitas, dan penggunaan gadget yang tidak pada tempatnya juga tidak pada waktunya serta dengan konten yang tidak sesuai untuk usianya. Materi utama disampaikan oleh 4 (empat) orang dosen, dan  dipandu oleh seorang moderator, serta dibantu oleh seorang teknisi. Kegiatan berjalan seru di dalam ruangan kelas 6 SD. Para peserta terlihat sangat antusias, juga bersemangat menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh tim pengabdian kepada masyarakat.

Keywords


gadget; SD; anak-anak; informasi

Full Text:

PDF

References


Syafrawati dkk, “Upaya Menurunkan Dampak negatif Gadget Melalui Media Promosi Kesehatan Pada Siswa SDN 01 Sawahan Kota Padang”, Laporan Pengabdian Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, 2017.

S. Wening, “Membentengi Keluarga Terhadap Budaya Konsumerisme dengan Nilai-Nilai Kehidupan Dalam Pendidikan Konsumen”, Jurnal Keluarga Vol. 1, No. 1 Februari 2016.

Helmi & N.A. Agustina, “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Loktabat Utara Kecamatan Banjarbaru”, Jurnal Pahlawan Vol. 10, No. 01, April 2017.

F. Rahmandani, Agustinus & M. M. Ibrahim, “Analisis Dampak Penggunaan Gadget (Smartphone) Terhadap Kepribadian dan Karakter (Kekar) Peserta Didik di SMA Negeri 9 Malang”, Jurnal Civic Hukum, Vol. 03, No. 01, Mei 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.576

Article Metrics

Abstract view : 222 times
PDF - 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Prosiding SINDIMAS Sudah terindex di :


Flag Counter

SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat

ISBN: 978-623-90975-0-9


STMIK Pontianak
Jl. Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat
Phone: +62 561 735555
Fax: +62 561 737777

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor Utama:

Partners & Co-Organizers: