Website Sekolah Sebagai Optimalisasi Penyampaian Informasi pada SMK Al-Madani Pontianak

Gusti Syarifudin

Abstract


Website adalah salah satu media yang dapat digunakan untuk penyajian informasi.Penerapan website pada sekolah dapat digunakan untuk penyajian informasi untuk guru, murid dan masyarakat umum. Secara konvensional penyajian  informasi di sekolah dapat dilakukan melalui media tertulis seperti brosur, panflet ataupun papan pengumuman. Penyajian informasi secara konvensional tersebut tentulah memiliki kekurangan dibandingkan dengan menggunakan website. Demikian pula pada SMK Al-Madani Pontianak masih menggunakan cara konvensional dalam menyajikan informasi. Keterbatasan penyajian informasi secara konvensional adalah jangkauan dari penyebaran informasi yang terbatas dan waktu penyajian informasi yang terbatas pula. Dengan website sekolah maka penyajian informasi akan lebih luas dan waktu penyajiannya dapat kapan saja.Untuk membuka wawasan menambah pengetahuan para guru tentang website sekolah maka dilakukan pelatihan penggunaan website pada SMK Al-Madani Pontianak. Pelatihan diberikan kepada lima orang guru yang merupakan guru-guru senior pada SMK Al-Madani. Diharapkan setelah pelatihan maka SMK Al_Madani dapat mengoperasikan website sekolah serta dapat mengembangkan website sekolah sesuai dengan kebutuhan SMK Al-Madani Pontianak.

Keywords


Website sekolah; informasi; guru; siswa

Full Text:

PDF

References


J. L. Gibson, J. M. Ivancevich, J. H. Donnelly, & R. Konopaske, “Organizations: Behavior, Structure, Processes,” Homewood, IL: Irwin, 1991.

M. Suyanto, “Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing,” Penerbit Andi, 2003.

A. Kadir, “Pengenalan Sistem Informasi,” Penerbit Andi, 2003.

H. Supriyono, A. Sutopo, H. Nursyahid, B. A. Kurniawan, I. N. Fahrudin, D. Handoko, & D. C. Kurniawan, “Penerapan Teknologi WEB Sekolah Bagi SMP dan SMA Muhammadiyah Kartasura,” Warta LPM, 19(1), 2016, pp. 39-52.

Purnama, B. E. (2011). Cara Mudah Membuat Web Dengan Wordpress.

G. Akbar, & T. I. Tjendrowaseno, “Website Profil Sekolah Sebagai Media Informasi dan Promosi,” IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 4(1), 2013.

N. Marlena, & D. Sasongko, “Pembuatan Website Profil pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kartasura,” Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 2(3), 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.582

Article Metrics

Abstract view : 489 times
PDF - 277 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Prosiding SINDIMAS Sudah terindex di :


Flag Counter

SINDIMAS Seminar Nasional Hasil Inovasi Pengabdian Masyarakat

ISBN: 978-623-90975-0-9


STMIK Pontianak
Jl. Merdeka No. 372 Pontianak, Kalimantan Barat
Phone: +62 561 735555
Fax: +62 561 737777

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Sponsor Utama:

Partners & Co-Organizers: