Prediksi Jumlah Produksi Tas Pada Home Industri Body Star Kudus Menggunakan Fuzzy Tsukamoto

Muchamad Afif, Hanny Haryanto, Yuniarsi Rahayu, Edy Mulyanto

Abstract


Kesalahan jumlah produksi adalah masalah yang sering terjadi dalam home industy. Kesalahan ini menyebabkan kerugian karena jumlah produksi yang terlalu banyak akan berakibat pada penumpukan barang dan produksi yang terlalu sedikit menyebabkan tidak bisa dipenuhinya permintaan dari pasar. Permasalahan ini juga dialami oleh home industry Body Star Kudus dalam memproduksi tas.Tujuan dari penelitian ini adalah memecahkan masalah tersebut dan diharapkan bisa membantu produsen dalammemprediksi jumlah tas perbulan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Fuzzy Tsukamoto.Metode ini dipilih karena Fuzzy Tsukamoto memiliki kelebihan dalam penerapan pada data yang sederhana dan pemrosesan yang ringan. Parameter input yang digunakan adalah data retur, data penjualan dan data sisa.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa prediksi yang dihasilkan mempunyai akurasi yang kurang bagus, namun secara keseluruhan memiliki akurasi yang dapat diterima.

Keywords


Prediksi Jumlah Produksi; Home Industri Body Star Kudus; Fuzzy Tsukamoto;

Full Text:

PDF

References


Achmad Shergian; Hari purnomo, “Desain Tas Ransel Pria Berbahan Limbah Kantong Plastik Dengan Metode Quality Function Deployment,” Teknik Industri Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, vol. 2, no. 2337, pp. 393–401, 2013.

Rizal Arief Hidayat, “Strategi Pengembangan Industri Kecil Tas Di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus,” Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, vol. 2, no. 4, pp. 148–158, 2013.

Darni Anggraini, “Perbandingan Model Chen Dan Model Lee Pada Metode Fuzzy Time Series Untuk Prediksi Harga Emas,” Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, 2012.

M. . Riyadi Yudha Wiguna, Hanny Haryanto, “Sistem berbasis aturan menggunakan logika fuzzy tsukamoto untuk prediksi jumlah produksi roti pada cv. gendis bakery,” Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro, Semarang 2015.

M. P. Pratiwi, “Analisa Kelayakan Truk Pengangkut Material Alam Pt . Arga Wastu Sluke – Rembang,” Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, pp. 1–5, 2010.

D. Mahasati and H. A. Wibawa, “Penerapan Sistem Inferensi Fuzzy Dalam Menentukan Prioritas Heuristik Pada Aplikasi Game Fighting Sederhana,” Teknik Informatika Universitas Diponegoro, Semarang, vol. 2, pp. 15–20, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v7i2.139

Article Metrics

Abstract view : 400 times
PDF - 374 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:

          



Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats>