Optimalisasi Dashboard pada Sistem Penilaian Sebagai Media Informasi di Perguruan Tinggi

Untung Rahardja, Qurotul Aini, Neng Enay

Abstract


Dari dulu hingga sekarang bahkan sampai kapanpun  manusia tidak bisa terlepas dari kebutuhan informasi karena Informasi merupakan suatu hal yang sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan teknologi dan perkembangan sumber daya manusia guna memperoleh pengetahuan sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern dan maju. Teknologi Terus berkembang dengan berbagai macam perkembangan serta terus berinovasi dengan berbagai macam  penemuan. banyak sekali sistem yang diciptakan oleh programmer namun akan sia-sia jika tidak di sampaikan kepada khalayak sedangkan pada saat ini begitu banyak media yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi salah satunya adalah menggunakan Dashboard. Dashboard yaitu Sebuah tampilan yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara real time dan dinamis. Maka dari  itu  penulis mencoba untuk mengoptimalisasikan dashboard sebagai media penyampaian informasi nilai ujian mahasiswa  pada sistem penilaian yang terdapat pada Perguruan Tinggi Raharja karena pada sebelumnya tidak ada media yang menyampaikan informasi nilai mahasiswa secara keseluruhan, dengan mengoptimalisasikan dashboard pada sistem penilian dapat  mempermudah mahasiswa dalam megakses informasi nilai tertinggi dan nilai terendah sehingga menjadi lebih efektif dan efesien.

 


Full Text:

PDF

References


Nurmalasari, D., Wahyuni, R. T., & Palapa, Y. (2015). Informational Dashboard untuk Monitoring Sistem Drainase secara Real-Time. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 4(3).

file:///C:/Users/Acer/Downloads/Documents/155-213-1-SM.pdf

Hariyanti, E., & Purwanti, E. (2014). Perancangan Sistem Dashboard Untuk Monitoring Indikator Kinerja Universitas. SESINDO 2014.

file:///C:/Users/Acer/Downloads/Documents/OAJIS_21_1386.pdf

Kurniawan, N. B. Dashboard Information System Kinerja Badan Pusat Statistik Berbasis Key Performance Indicator. Bandung. Institut Teknologi Bandung.

file:///C:/Users/Acer/Downloads/Documents/Dashboard_Information_System_Kinerja_Bad.pdf

Wibisono, E. (2012). Peran Cognitive Reasoning dalam Perancangan Performance Dashboard. Proceedings Konferensi Nasional Sistem Informasi 2012,632-636. file:///C:/Users/Acer/Downloads/Documents/Wibisono_Peran%20Cognitive_2012.pdf

Sensuse, D. I., & Suhaidir, W. (2012). PERANCANGAN DIGITAL DASHBOARD SYSTEM UNTUK MENYAJIKAN SENSITIVITY ANALYSIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN STUDI KASUS: PT XYZ. Jurnal Sistem Informasi, 6(2), 94-107.

file:///C:/Users/Acer/Downloads/Documents/282-636-1-PB.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v7i2.143

Article Metrics

Abstract view : 649 times
PDF - 617 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Badan Pengelola Jurnal Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal SISFOTENIKA terindex di :



 


    


   



SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah Terakreditasi Peringkat Empat



Lisensi Creative Commons


Sisfotenika Jurnal is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.