Penerapan Google Drive Untuk Efisiensi Penyimpanan Bahan Ajar Yang Dapat Mendukung Sistem Informasi Bahan Ajar Pada Perguruan Tinggi Berbasis Mobile Aplikasi

Ary Budi Warsito, Eka Yuliandini

Abstract


Bahan ajar sangat bermanfaat sebagai sumber pengalaman belajar secara langsung. Bahan ajar juga dapat membantu memecahkan masalah pendidikan dan memberi informasi positif karena dapat menuntun mahasiswa untuk berfikir, bersikap dan berkembang lebih lanjut. Dengan memanfaatkan sistem informasi bahan ajar mahasiswa dapat memperoleh informasi tentang bahan ajar yang bermanfaat. Proses pengembangan sistem informasi bahan ajar yang ada pada Perguruan Tinggi saat ini masih menggunakan server sendiri, sehingga biaya yang harus dikeluarkan akan semakin besar, karena jika ada permasalahan pada server, perawatan server membutuhkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkompeten akan tetapi biaya yang dikeluarkan sangat mahal. Seiring perkembangan zaman permasalahan yang terjadi sekarang yaitu semua masyarakat sudah memasuki era modernisasi, sehingga semua aplikasi beralih menggunakan aplikasi berbasis mobile. Berdasarkan gambaran diatas penelitian ini mencoba mencari alternatif solusi untuk mengurangi biaya pada server tersebut tanpa mengurangi kualitas bahan ajar yang selama ini berjalan. Setelah permasalahan tersebut diatasi maka penelitian ini juga mencoba mendesain dan mengimplementasikan bagaimana bahan ajar dapat diterapkan pada aplikasi smartphone. Untuk menekan biaya yang tinggi penelitian ini akan melakukan uji coba menggunakan google drive sebagai server datanya. Sedangkan mahasiswa sendiri bisa menggunakan aplikasi yang dibuat pada penelitian ini sehingga mahasiswa dapat belajar dan mendapat informasi bahan ajar yang cepat karena sudah berada di smartphone. Harapan dari penelitian ini adalah sistem informasi yang dibuat dapat diterapkan pada seluruh perguruan tinggi yang menerapkan papperless.

Kata Kunci : Bahan Ajar, Server, Google Drive



Keywords


Google Drive; Efisiensi Penyimpanan; Sistem Informasi Bahan Ajar; Mobile Aplikasi;

Full Text:

PDF

References


R. Untung, B.W. Ary, N.S. Dini. 2012. Penerapan Aplikasi iDINI Sebagai Media Penyimpanan Materi Perkuliahan iLearning Pada Perguruan Tinggi. CCIT Journal. Perguruan Tinggi Raharja; Indonesia.

M. D. Yeni, G. Tiur. Pemanfaatan Aplikasi Wiki Untuk Pengajaran dan Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI); Yogyakarta, Juni 2009.

R. Ana, Y. Dwi, D. Fitriana. Kajian Penerimaan Teknologi Cloud Computing Google Drive Dalam Sistem Pembelajaran Siswa Tingkat SMK. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015. STMIK Amikom; Yogyakarta, Februari 2015.

D.L. Kevin, A. Justinus, N. Agustinus. Sinkronisasi File Pada Google Drive Berdasarkan Perbandingan File Modification Date. Universitas Kristen Petra; Surabaya.

K. Iwan, K. Siti. Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Kebudayaan Nasional (BIMAYANA) Untuk Pembelajaran Mata Kuliah Akutansi Keuangan. STEKOM Semarang.

I. P. N Muhammad, D.A. Septiana. Aplikasi Pembelajaran Berbasis Mobile Untuk Tuna Aksara. Jurnal MATICS Vol. 8, No. 1, Maret 2016.

Diakses https://www.google.com/intl/id_ALL/drive/#start pada tanggal 23 februari 2017 pukul 17:56 WIB.

Jogiyanto.2000. Sistem Informasi Berbasis Komputer Edisi 2 Konsep Dasar dan Komponen.Yogyakarta;BPFE.

Nugroho, Bunafit. 2004. PHP & MySQL dengan Editor Dreamweaver MX. Yogyakarta: ANDI.

T. Efraim. 2012. Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective.

Jogiyanto. (2007), Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v7i2.138

Article Metrics

Abstract view : 460 times
PDF - 857 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

 

 

 

ISSN Printed : 2087-7897

ISSN Online : 2460-5344


SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:




Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Flag Counter

View My Stats>