Desain Visual Antarmuka Website E-kartu nikah

Dwi Rahayu, Dalillah Razan S, Annisa Rahayu P, Imam Ainuddin P, Selvy Megira, Ria Andriani, Ade Pujianto, Ema Utami

Abstract


Pernikahan yang sah secara agama dan yang tercatat resmi oleh pemerintah ditunjukkan dengan bukti kepemilikan buku nikah. Buku nikah menjadi salah satu dokumen pribadi yang digunakan untuk berbagai kepengurusan dan birokrasi pemerintahan seperti pembuatan pasport, tunjangan keluarga, asuransi  dan urusan lainnya. Efektifitas dari segi keamanan maupun dalam penggunaan buku bikah sangatlah perlu untuk ditingkatkan. E-kartu nikah merupakan elektronik buku nikah yang dilengkapi dengan teknologi mikrochip sebagai media penyimpan data dan sebagai kemanan data yang tersimpan didalamnya. Informasi yang tersimpan didalamnya adalah informasi yang ada pada buku nikah. Kartu pintar E-kartu nikah terintegrasi dengan website, dimana pengguna dapat mengakses infromasi menggunakan nomor seri yang ada pada E-kartu nikah. Teknologi microchip yang tertanam pada kartu mempermudah dan mempercepat proses verfikasi data apabila suatu kepengurusan menggunakan alat bantu card reader. Sasaran pengguna website E-kartu nikah mencangkup semua golongan dengan rentang usia diatas 19 tahun. Pada penelitian ini fokus pada perancangan antarmuka website dengan memperhatikan aspek elemen-elemen dasar desain visual pada desain antarmuka dengan menggunakan model prtotipe jenis evolutionary. Hasil akhir dari penilitian ini adalah rancangan kartu pintar terbuat dari plastik dan berukuran 5,4 x 8,6 cm dan website sebagai portal akses E-kartu nikah.


Keywords


Desain Visual Antarmuka; E-kartu nikah;

Full Text:

PDF

References


Khairurrizqi, Aris Rahmansyah, Teddy Hendiawan, 2015, Perancnagan Grapichal User Interface “Si Ajmbe” sebagai Media Pembelajaran di Jambi, Bandung.

Sun, X., dan May, A., 2014, Design of the User Experience for Personalized Mobile Services, International Journal of Human Computer Interaction, Vol. 5, Ed. 2, hal 21-39.

Darejeh, Ali, dan Singh, Dalbir, 2013, A Review on User Interface Design Principles to Increase Software Usability for Users With Less Computer Literacy, Journal of Computer Science, Vol. 9, Ed. 11, http://www.thescipub.com/jcs.toc.

Sri Mulyani, 2016, Metode Analisis dan Perancangan Sistem, Edisi Kedua, Cetakan Ke-1, Bandung: Abdi Sitematika, pp 27-28.

https://m.tempo.co/read/news/2015/06/03/064671665/ini-penyebab-banyaknyapemalsuan-buku-nikah, diakses tanggal 8 juni 2017.

Martyan, Mita, Rumekti , V. Indah, Sri, Pinasti, 2016, Peran Pemerintah Daerah (Desa)

Dalam Menangani Maraknya Fenomena Pernikahan Dini Di Desa Plosokerep Kabupaten

Indramayu, Jurnal Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

http://kbr.id/10-2016/poligami_jadi_alasan_palsukan_buku_nikah/86024.html, diakses tanggal 8 juni 2017.

Peter, Morville, Louis, Rosenfeld’s, 2007. Information Architecture for the World Wide Web: Designing Large-Scale Web Sites, O’Reilly Media, Amerika.

http://simkah.kemenag.go.id/index.php, diakses tanggal 5 Juni 2017.

Jasson Beaird, 2010, The Principles of Beautiful Web Design, SitePoint by Ltd, Kanada.

Wilbert O. Galitz, 2007, The Essential Guide to User Interface Design: An Introduction to GUI Design Principles and Techniques, Robert Ipsen, Amerika.

Jesse James Garrett’s, 2011, The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond (2nd Edition), New Riders, Berkeley.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v7i2.153

Article Metrics

Abstract view : 579 times
PDF - 584 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SISFOTENIKA

Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

 

 

 

ISSN Printed : 2087-7897

ISSN Online : 2460-5344


SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:




Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Flag Counter

View My Stats>