APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT HEWAN TERNAK SAPI DENGAN BAYESIAN NETWORK

Tinaliah Tinaliah

Abstract


Abstrak
Sapi merupakan hewan ternak yang banyak memiliki potensi ekonominya. Sapi yang berpenyakit sangat memiliki dampak negatif terhadap manusia. Penyakit pada hewan ternak sapi dapat menular dengan cepat, dan dapat berakibat fatal, yaitu kematian. Penyakit tersebut dapat timbul disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, dan parasit. Untuk mencegah agar penyakit sapi tidak menular, maka peternak sapi harus mengetahui terlebih dahulu mengenai penyakit-penyakit pada hewan ternak sapi, sehingga dapat dilakukan pencegahan dan pengobatan terhadap hewan ternak sapi sedini mungkin. Sistem pakar adalah sebuah sistem yang dirancang untuk dapat menirukan keahlian seorang pakar dalam memecahkan suatu masalah yang ada. Untuk itu perlu dikembangkan suatu sistem pakar agar peternak dan masyarakat umum dapat mengetahui dan mendeteksi sedini mungkin mengenai penyakit hewan ternak sapi, agar dapat dilakukan penanganan yang cepat sebelum berkonsultasi dengan dokter. Pengetahuan mengenai penyakit pada hewan ternak sapi disusun mengacu pada literatur dan wawancara dengan dokter hewan mengenai penyakit hewan ternak sapi yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit berdasarkan gejala penyakit serta cara penanganannya. Penentuan penyakit dalam sistem pakar ini dilakukan melalui proses konsultasi antara sistem dengan pengguna. Sistem akan menampilkan gejala-gejala penyakit pada hewan ternak sapi, kemudian pengguna memilih gejala yang dialami. Gejala yang dipilih pengguna akan disesuaikan dengan rule yang ada sehingga pengguna akan memperoleh hasil diagnosa berupa gejala, tipe penyakit, solusi penanganannya, dan nilai probabilitasnya. Diharapkan sistem pakar ini dapat memberikan informasi dan penanganan secara dini jika hewan ternak sapi terdeteksi mengalami sakit.

Kata kunci—Sistem Pakar, Penyakit Hewan Ternak Sapi, Pendeteksian Awal


Keywords


Sistem Pakar; Penyakit Hewan Ternak Sapi; Pendeteksian Awal;

Full Text:

PDF

References


- Tjahajati, I and Husniyati, 2012, Berbagai Penyakit pada Sapi. PT Intan Sejati, Yogyakarta.

- Sutojo, T, Edy Mulyanto, and Vincent Suhartono, 2011, Kecerdasan Buatan. Andi, Yogyakarta.

- Arhami, M., 2005, Konsep Dasar Sistem Pakar. Andi, Yogyakarta.

- Meigarani, I, Wawan Setiawan, and Lala Septem Riza, Penggunaan Metode Bayesian Network dalam Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit Leukimia, Bandung, Indonesia.

- Fitriyah, A and I.G.P. Buditjahjanto, 2012, Identifikasi Penyakit Sapi pada Sapi Ternak dengan Forward Chaining, Jurnal Manajemen Informatika Universitas Negeri Surabaya, vol. 1, pp. 1-8.

- Liu, Y., Wooi Ping Cheah, Byung-Ki Kim, Hyukro Park, 2008, Predict Software Failure prone by Learning Bayesian Network, International Journal of Advanced Science and Technology, vol. 1, pp. 35-42.

- Spiegelhalter, D. J., A. Philip Dawid, Steffen L. Lauritzen, and Robert G. Gowell, 1993, Bayesian Analysis in Expert System, Statistical Science, vol. 8, no. 3, pp. 219-247.

- A. S, Rosa dan M. Salahuddin, 2011, Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Modula, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v5i1.19

Article Metrics

Abstract view : 1164 times
PDF - 1798 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:

          



Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats>