Desain Video Berbasis Motion Graphic untuk PPDB SMK Harapan Indonesia 1 dan 3

Indri Handayani, Erick Febriyanto, Ahmad Sururi

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan Harapan Indonesia 1 dan 3 merupakan salah satu sekolah yang berada di kota Tangerang. Sekolah Menengah Kejuruan Harapan Indonesia 1 dan 3 mempunyai 3 Jurusan yaitu Multimedia untuk Sekolah Menengah Kejuruan Harapan indonesia 1 dan Jurusan Keperawatan dan Farmasi untuk Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Harapan Indonesia 3. Sejak berdirinya 2 tahun yang lalu sekolah ini dalam menyampaikan sebuah informasi masih menggunakan cara - cara tradisional yaitu dengan menyebar brosur, pasang banner di pohon, spanduk dan ke sekolah - sekolah langsung sehingga kurang menarik dan informatif, dapun masalahnya adalah agar masyarakat mengetahui keberadaan Sekolah Menengah Kejuruan Harapan Indonesia 1 dan 3 yang masih baru , tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan video profil berbasis motion graphic untuk menunjang penerimaan peserta didik baru di Sekolah Menengah Kejuruan Harapan Indonesia 1 dan 3, manfaat dari penelitian adalah sebagai Penunjang penerimaan peserta didik baru, Dokumentasi dan media promosi untuk memajukan dan mempublikasikan ke berbagai media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendataan, yaitu observasi, dan wawancara, metedologi pendekatan masalah yaitu Analisis, perancangan, Pembuatan desain grafis, pengambilan gambar, editing, dubbing dan rendering, Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terbentuknya desain video berbasis motion graphic untuk mempromosikan sekolah maupun perusahaan, karena lebih menarik dan lebih efektif untuk menunjang penerimaan peserta didik baru di Sekolah Menengah Kejuruan Harapan Indonesia 1 dan 3.
Kata kunci— Motion Graphic, Video Desain, Media informasi, Sekolah Menengah Kejuruan Harapan Indonesia 1 dan 3, Penerimaan Peserta Didik Baru

Keywords


Motion Graphic; Video Desain; Media informasi; Sekolah Menengah Kejuruan Harapan Indonesia 1 dan 3; Penerimaan Peserta Didik Baru;

Full Text:

PDF

References


Maulani, G., Rahardja, U., Adila, L.T., Universitas, A., Luhur, B., Studi, P.,

...Informasi, T. (2016). Video Sebagai E-Portofolio Mahasiswa Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa, Jurnal Ilmiah CCIT Raharja, 9(2), 225-239

Abdillah, F., Adhiguna, D., & Sevtiana, A. (2017). Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi STMIK CIC Dengan Tehnik Motion Graphic Menggunakan Perangkat Lunak Komputer Graphic, 7(1),74-85.

Abdullah, D. (2015). Perancangan sistem informasi pengelolaan retribusi pengujian kendaraan bermotor kabupaten Aceh utara. Jurnal ilmiah SISFOTENIKA, 5(5), 167- 177.

Brigitta, Y. (2016). Perancangan Video Company Profile Lembah Kamuning Dairy Farm , Desa Cigugur , Kuningan dengan Teknik Motion Graphic. Artikel Ilmiah, 1- 23.

Tan, J. (2017). Evolution of Art Form of Video Animation Design Under the Background of Computer Graphics System Development, (Ssme), 150-155.

Santoso, B. (2014). Pembuatan Video Profil Smart Preschool Kepunton Solo.

Indonesian Journal on Networking and Security, 3(1), 53–58.

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126-138. Diambil dari http://ijc.ilearning.co/index.php/TMJ/article/view/8.




DOI: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v8i2.409

Article Metrics

Abstract view : 1524 times
PDF - 599 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SISFOTENIKA

Badan Pengelola Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SISFOTENIKA) STMIK Pontianak.

 

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA terindex di :


   

   

  

    

    

    

   

 

 

 

ISSN Printed : 2087-7897

ISSN Online : 2460-5344


SERTIFIKAT PENGHARGAAN :

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Terakreditasi Peringkat Empat

 

Partners & Co-Organizers:




Lisensi Creative Commons

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA: STMIK Pontianak Online Journal ISSN Printed (2087-7897) - ISSN Online (2460-5344) licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Flag Counter

View My Stats>